Pertemuan 3 - Perancangan Berbasis Objek
Nama: Rayhan Almer Kusumah
NRP: 5025211115
Kelas: Perancangan Perangkat Lunak (A)
Tahun: 2024
Perancangan Berbasis Objek
Perancangan berbasis objek (object-oriented design, OOD) adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada pembuatan sistem dengan menggunakan konsep "objek". Objek adalah entitas yang menggabungkan data (atribut) dan perilaku (metode) yang relevan. Dalam OOD, perangkat lunak dipecah menjadi objek-objek yang saling berinteraksi, di mana setiap objek mewakili entitas dunia nyata atau konsep abstrak dengan tanggung jawab tertentu. Pendekatan ini memungkinkan pengembang untuk merancang sistem yang modular, dapat digunakan kembali, dan mudah untuk dipelihara. Dengan mengadopsi prinsip-prinsip seperti enkapsulasi, pewarisan, dan polimorfisme, OOD membantu dalam mengorganisir kode menjadi unit-unit yang lebih kecil dan lebih terkelola.
Selain itu, perancangan berbasis objek memanfaatkan diagram dan notasi seperti Unified Modeling Language (UML) untuk memvisualisasikan struktur dan hubungan antar objek dalam sistem. Diagram kelas, misalnya, digunakan untuk menunjukkan kelas-kelas, atribut, metode, dan hubungan antar kelas, seperti asosiasi, agregasi, dan komposisi. Dengan menggunakan UML, tim pengembang dapat memiliki gambaran yang jelas tentang arsitektur sistem dan bagaimana komponen-komponen berinteraksi satu sama lain. Hal ini tidak hanya memudahkan komunikasi di antara anggota tim pengembang tetapi juga mempermudah dalam mengidentifikasi dan mengatasi potensi masalah desain sejak dini. Pendekatan berbasis objek juga mendorong pemahaman yang lebih baik tentang domain masalah dan solusi yang lebih terstruktur dan skalabel.
Identifikasi Perancangan Berbasis Objek
Pada pertemuan kali ini saya ditugaskan untuk melakukan identifikasi perancangan berbasis objek berdasarkan referensi sebuah jurnal.
Referensi Jurnal
Desain Data
Desain Arsitektur
Diagram Komunikasi
Diagram Sequence
Diagram Class
Desain Antarmuka
Comments
Post a Comment